Skip to content

Malang bukan hanya Kota Apel

December 9, 2009

Kota Malang, jika kita menyebut nama kota ini selalu yang ada dalam benak kita adalah apel. Tidak berlebihan memang  jika kita mengatakan demikian, karena di daerah ini banyak dijumpai petani apel yang merupakan komoditas utama pertanian. Bahkan apel Malang dikenal tidak hanya di Jawa Timur saja namun sudah di seantero nusantara bahkan hingga sampai ke negeri tetangga.

Akan tetapi menurut saya pribadi tidak hanya apel saja yang mengharumkan nama Kota Malang, ada dua hal penting yang tak boleh dipisahkan dari kota ini yaitu pariwisata dan sepakbola. Kedua hal tersebut telah menjadikan kota Malang semakin dikenal di pelosok negeri. Yah sepakbola, dimana di kota ini terdapat 2 tim yang mempunyai pendukung fanatik yaitu Persema dan Arema. Untuk nama yang terakhir kita tidak usah meragukan lagi kiprahnya dalam dunia sepakbola tanah air. Meskipiun usianya terbilang masih muda di bandingkan dengan tim-tim dari kota sebelah namun untuk urusan prestasi, Arema tidak bisa dianggap remeh. 2 kali menjuarai ajang Copa Indonesia adalah suatu bukti kualitas mereka, begitu juga dengan pendukung fanatiknya aremania yang pernah di anugerahi sebagai suporter terbaik di negeri ini. Di saat peranan suporter dianggap sebagai biang kerok atas terjadinya kerusuhan, Aremania bekerja keras untuk mencitrakan dirinya sebagai suporter kreatif. Singkat kata, jika orang berbicara tentang Kota Malang tak lengkap jika tidak membahas Arema dan Aremania nya.

Sektor pariwisata adalah bagian terpenting dalam kemajuan kota malang ini. Banyak sekali terdapat tempat wisata di kota ini, mulai dari wisata budaya hingga wisata alam. Itulah yang menjadikan banyak orang menyebut Malang sebagai “Parisnya Jawa Timur”. Saya ambil contoh wisata pantai Sendang Biru yang sejatinya terletak di Kabupaten Malang atau tepatnya di daerah Malang selatan. Di sana terdapat sebuah pantai yang menurut pandangan saya pribadi adalah salah satu pantai terbaik yang ada di jawa timur. Hamparan pasir putih dan deburan ombak semakin membuat kita berlama-lama di tempat ini. Jika kita ingin menyeberangi pantai dan menuju sebuah pulau yang bernama Sempu, kita cukup hanya dengan merogoh kocek sebesar 75.000 rupiah untuk pergi pulang.

Dengan perjalanan sekitar 20 menit maka sampailah kita pada pulau sempu,namun perjalan tidak hanya sampai di sini saja. Masih ada keindahan yang jauh lebih bagus di pulau ini.

Segara anakan, untuk mencapai dari bibir pantai pulau sempu kita harus berjalan memasuki hutan yang hanya memiliki jalan setapak dengan perjalan kira-kira 1,5 jam. Akan tetapi rasa capek yang didapat selama berjalan 1,5 jam akan segera terbayar setelah kita menginjakkan kaki di Segara Anakan.

Banyak turis domestik bahkan asing yang berkunjung ke lokasi ini. Dari beberapa orang yang pernah saya tanya kenapa mereka berkunjung kesini, jawabanya hampir seragam yaitu mereka terpesona dengan keindahan alami Pulau Sempu dan Segara Anakan.

Oh yah, sebelum menyeberang menuju Pulau Sempu hendaknya anda membeli makanan di warung yang terdapat di Sendang Biru.Hal ini di karenakan di Segara Anakan tidak terdapat orang berjualan.

semua photo sendang biru by Abdon Tatawi

photo arema dan aremania by: aremaindonesia

37 Comments leave one →
  1. December 9, 2009 19:01

    ayo AREMANIA !!!!!

  2. December 9, 2009 19:34

    Salam kenal….
    Termasuk juga kota pendidikan karena ada lebih dari tigapuluh perguruan tinggi
    KEEP SPIRIT COMPETITION

  3. December 9, 2009 21:43

    Cerita dan fotonya tentang Malang keren, salam kenal ya Mas Galuh.
    Pengen jalan-jalan ke Malang nich, ada tips dan saran Mas ?

  4. December 9, 2009 22:38

    aku pernah bertempat tinggal di malang selama hampir 25th

  5. mazblend permalink
    December 10, 2009 04:18

    kuthone wong ayu barang kang..he..he…

  6. December 10, 2009 09:01

    Mie Pangsit…. koq gak mbok senggol…..??? That’s my favourite “untalan”…hahahaha…

  7. December 10, 2009 15:06

    selamaatt selamat berjuang

  8. December 10, 2009 18:19

    oyi sam…, ayas kera ngalam…

  9. December 11, 2009 07:30

    fyuh enake..

  10. December 11, 2009 10:10

    wah, ternyata malang benar2 sebuah kota yang lengkap. wisatanya menarik, sepakbolanya juga ngetop. jadi pingin main ke sana, nih!

  11. December 11, 2009 10:11

    nonton arema sambil makan apel ndek kanjuruan…dadi semangat,arema dadi nganem terus….

  12. December 11, 2009 18:19

    salam kawan..
    slamet bjuang dalam di festival blognya yach.. ^-^

  13. December 16, 2009 23:00

    malang banyak menyisakan kenangan dan misteri bagi saya
    penasaran dengan kota yang satu ini…
    MALANG tenan opo ora sak jane….

  14. December 22, 2009 11:55

    CIA YOO PAK…

  15. December 22, 2009 22:19

    jadi kangen pengen main ke temen-temen di malang..!

  16. December 27, 2009 12:44

    terus aku enake nang endi?

  17. December 28, 2009 17:29

    kereenn pantainya .. tapi kok agak ngeri ya takut ada buaya yang ngumpet di antara akar-akar pohon..

    Cara Membuat Web

  18. December 29, 2009 00:36

    wah pantainya asyik juga ya…

  19. December 29, 2009 00:38

    lek ndelok iki kabeh rasane pingin muleh

  20. December 31, 2009 15:02

    pengen ke sendang biru…huhuhu….dari dulu nggak keturutan

  21. January 3, 2010 11:06

    selain apel, yang saya suka dari malang adalah SEPAK BOLA….

  22. January 3, 2010 23:28

    slm kenal dan boleh dong tukar linknya

  23. coffe latte permalink
    January 9, 2010 10:35

    maju trus AREMA C slalu mendkuNg mu………

  24. changchuet permalink
    January 12, 2010 22:44

    I LOVE MALANG…….
    I LOVE AREMA…….
    I LOVE AREMANIA…
    AREMA SINGO EDAN LAHIR DI KOTA MALANG,TIDAK KE MANA MANA AREMA DI MANA MANA……

    BANTAILAH PERSEBAYA,AREMA JADI JUARA..

  25. January 17, 2010 14:16

    Halo mas, kota Malang memang hebat kok!

    Tukeran link ke blogku ya…..

  26. March 14, 2010 00:39

    AREMA SLAMAT BERJUANG BIAR GUA JAU D UJUNG PULAU TETAP DUKUNG AREMA SALAM BUAT PERSEBAYA;SLAM JU……AAAAA….NNNNNNN….COOOOOO……..OOOOOOOKKK

  27. sahir permalink
    April 1, 2010 12:23

    aku mau nanya pak, produck TP-LINK TL WA5110G dan antena yagi 16 dbi apa bisa mengakses hotspot kampus dan mall. kalau bisa mengakses hotspot aku mau pesan harga berapa. thanks

  28. April 18, 2010 14:26

    seep sep seeeP

  29. Bony n nova permalink
    May 6, 2010 11:29

    AREMA di dadaku.AREMA kebanggaanku.ku yakin hari ini pasti menang

  30. mbundiel permalink
    May 6, 2010 15:24

    AREMA…………………
    salam satu jiwa!!!!!!!!!!!!!!!

    terus maju pantang mundur…. Aq kan sllu mendukung mu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    AREMANITA SEJATI

  31. May 27, 2010 14:14

    kami di jakarta atau the jak mendukung mu arema

  32. dicky permalink
    May 29, 2010 18:40

    malang memang sipp
    salam 1 jiwa
    AREMA INDONESIA

  33. jakawidada permalink
    March 25, 2011 02:38

    I LIKE AREMA

  34. September 10, 2011 11:49

    mantafff

  35. January 5, 2012 14:16

    Thanks for this entry. Waiting for another one.

Trackbacks

  1. Festival Blog – Bloggerngalam « Blognya Sandy
  2. Festival Blog – Bloggerngalam « GLobber’s™ - 2 tahun BloggerNgalam (2007-2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: