Skip to content

ikhlasku dan nafsuku

June 18, 2009

punakawan

Ikhlas…..
6 huruf yang terangkai menjadi untaian kata bermakna indah tersebut memang sejatinya mudah sekali untuk di ucapkan.
Akan tetapi menurut saya pribadi sangat sulit untuk di terapkan mungkin demikian juga bagi sebagian pembaca blog ini
Hal itu tidak lepas dari kodrat kita sebagai manusia,makhluk yang diciptakan oleh sang maha hidup dengan begitu sempurnanya.

Sejatinya TUHAN  begitu dasyatnya menciptakan kita, dilengkapi dengan 6 panca indera serta di beri akal dan pikiran.
Namun Dia juga tak lupa memberi kita nafsu.

Nafsu inilah yang terkadang membuat kita lupa siapa sejatinya diri kita.
Tertawa disaat sedih atau bahkan menangis disaat gembira yang merupakan pengejawantahan dari rasa nafsu yang kita miliki.
Nafsu sendiri terbagi menjadi 4 bagian utama yaitu aluamah,amarah,supiahdan mutmainah.
Yang jika kita bisa menjaganya menjadi seimbang niscaya kehidupan kita akan selaras dan sinergi.

Kembali ke masalah ikhlas
Pernakah kita menyadari atau bahkan pernah melakukan jika pada suatu waktu saat kita tertimpa musibah selalu saja ada kata-kata, ini adalah cobaan dari-NYA tapi mengapa jika kita menerima suatu berkah tak pernah terbersit pun bahwa itu berkah dari-NYA.

Saat kita mengalami sesuatu yang menggembirakan kita akan mau menerimanya dengan sangat-sangat ikhlas, tapi kenapa jika kita mengalami sesuatu yang menyakitkan sulit sekali dengan ikhlas menerimanya.

Disaat kita terpuruk pelarian dan pengaduan kita kepada-NYA, tapi jika kita berada diatas angin terkadang menyadari sebagai makhluk ciptaanya saja tidak.

Tuhan bukan tempat berkeluh kesah,bukan tempat ngedumel namun Tuhan adalah tempat dimana kita berserah diri serta ikhlas dengan apa yang menjadi kehendak-NYA

Sampai detik disaat saya menulis ini saya masih ikhlas dengan apa yang diberikan-NYA.
Namun sebagai manusia biasa saya juga masih punya rasa nafsu untuk bisa memenangi kontes blog eros.
Yang berhadiah domain plus hosting dari juragan hosting untuk blog,pulsa dari bakul pulsa murah yang didukung sepenuhnya oleh pemilik blog bisnis di internet.

Wajarkah menurut anda nafsu saya ini ???

Semoga saja masih dalam batas kewajaran

photo by

13 Comments leave one →
  1. June 18, 2009 16:31

    wakakakakakaka …. aku yo ikhlas kog mas cument nang blog e sampeyan …

    ikhlas ….. (dance)

    yen ora ikhlas tak sampluk kene

    wakakkakaka

  2. June 18, 2009 16:57

    IKHLAS = mudah di ucapkan tapi susah dilaksanakan, seng penting pokoknya kalo ke toliet harus ikhlas

    bener iku wangel jah

    opo hubungane amebk toilet dul…..

    wekekkeke

  3. June 18, 2009 17:05

    Jujur agak bingung membaca judul diatas karena sangat jarang mengkaitkan antara Ikhlas dan Nafsu

    Ikhlas teruji di saat kita kehilangan apapun bentuknya dari kita kalau Nafsu diuji justru sebaliknya bagaimana mendapatkannya

    toss
    setuju sekali aku mbak

    akan tetapi manusia pasti memiliki kedua sifat diatas
    hanya besar kecilnya yang membedakan

  4. June 18, 2009 18:12

    ke level bijaksana saja kadang kesandung watu segunung apalagi ke ikhlas bweh!! tahapan yang paling mendekati surga

    sulit memang kang ,

    tapi sudah sepatutnya untuk terus mencoba dan mencoba🙂

  5. agus permalink
    June 18, 2009 19:04

    ikhlas…..
    hanya kita yang tahu tingkat keikhlasan kita…

    tentunya, sang maha agung juga tahu akan hal itu kang🙂

  6. June 18, 2009 19:25

    iklhas kata yang sering membuat saya harus merenung.

    merenung sejenak terus mencoba untuk dilakukan mestinya kang🙂

  7. lambenesugiman permalink
    June 18, 2009 21:31

    hanya kita dan Allah yang tau, yg jelas waktu ke toilet trus BAB mesti ikhlas…hehe

    Gambar punakawane apik, suwe ga dengerin wayang lewat radio, sing ditunggu “goro-goro”

    seep setuju aku kang🙂

  8. June 18, 2009 22:30

    ijek wajar kok kang

    hehehehhe syukur nek ngunuh kang🙂

  9. KangBoed permalink
    June 19, 2009 01:54

    hehehe.. harus ikhlaaaas.. sabaaaar.. santaaaai.. ikutan dunk
    Salam Sayang

    salam sayang kembali mas🙂

  10. June 19, 2009 07:35

    keren ki nafsune terarah, jiahaha….

    wekekekekkee
    sik wajar tho kang🙂

  11. June 19, 2009 09:17

    aduh dek… kapan LONGS maneh?

    wekekekkeke🙂

  12. masdjoen permalink
    June 19, 2009 18:43

    wajar aja ko kang. aku yo sek ihlas pake hosting gratisan. saya kira, kesuksesan gak slalu dari hosting mbayar. hahaha

    seep setuju

    sing penting tetep semangat nge-blog🙂

  13. June 22, 2009 22:54

    sing penting kewod ojo lali…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: