Skip to content

IBSN:Patel Lele dan PS

February 27, 2009

wah kalau baca judul diatas sungguh ironis.
betapa tidak? patel lele yang notabene permainan rakyat yang sangat tradisional dan tidak membutuhkan ketrampilan
atau biaya, sangat bertolak belakang dengan Play Station yang merupakan permainan penuh teknologi serta mungkin butuh ketrampilan khusus
dan biaya khusus pula.
pemikiran ini timbul waktu aku main ke tempat saudara yang ada di salah satu sudut pinggiran kota surabaya.ketika itu mendung menggelayut di langit dan tak lama kemudian
gerimis pun turun.salah satu keponakanku menghampiri aku
“om,njaluk duweke limang ewu om!”
“gawe opo?”jawabku
“biasa om,gawe maen ps!”jawabnya
akhirnya aku beri juga dia selembar uang lima ribu rupiah dari saku ku.
setelah memberi uang itu, aku jadi merenung (yang pasti bukan karena uang itu)🙂
gimana nggak!

kampung ini jadi sepi,beda ama jaman kecilku saat 15-20 tahun yang lalu.

di saat hujan rintik-rintik seperti ini biasanya dulu aku dan teman-temanku pada keluar rumah untukbercengkrama bercanda dan bermain bersama.para cowok seperti biasa bermain patel lele,permainan yang menggunakan media 2 buah kayu dengan panjangmasing-masing 40 cm dan 15 cm. patel

sedangkan para cewek dengan riang gembiranya bermain lompat tali dari gelang karet yang disusun memanjang. tali1

sepertinya mereka sudah tak menghiraukan derasnya hujan yang mungkin bisa berdampak
bagi kesehatan meraka.
namun,kemana itu semua???apakah permainan rakyat itu sudah tergilas dengan berbagai permainan
modern yang sekarang menjamur di sekitarku ini.playstationconsole1
maka tak heran kalau jaman sekarang banyak anak kecil yang sudah mengalamai obesitas.
dikarenakan setelah pulang sekolah mereka sudah di sibukkan dengan permainan modern itu.
seakan tidak ada waktu lagi untuk berlari-larian dan berlompat-lompatan.
mungkin juga mereka seakan kehilangan jiwa sosial serta kurang peka terhadap lingkungan,yah mungkin permainan modern itu ibaratnya bisa di mainkan sendiri tanpa melibatkan teman.
sangat beda dengan permaianan patel lele ataupun lompat tali yang sangat tidak mungkin jika dimainkan sendiri.

macam- macam permainan berbeda akan berbeda pula dalam membentuk karakter seseorang

IBSN adalah sebuah wadah insan indonesia dalam jaringan internet
dengan berbagai jenis blog platform yang memiliki konsep
keindahan berbagi berbagai hal bermanfaat untuk kebaikan pada
sesama, dengan tujuan untuk membuat hidup ini makin bermakna.
visit Indonesians’ Beautiful Sharing Network

5 Comments leave one →
  1. February 28, 2009 01:20

    wah..iya memang anak sekarang sudah diracuni dengan bermacam macam permainan modern. sehingga waktu mereka tersita oleh permainan tersebut..hati hati yang punya anak..salam kenal

    hehehe iya mas😉

    salam kenal balik🙂

  2. February 28, 2009 03:34

    sekarang sudah ditinggalkan mainan seperti itu. Hmm.. Terkadang permainan lama juga harus dipertahankan.

    ayo maen patel lele karo aku cak🙂

  3. March 2, 2009 03:51

    Permainan ketangkasan yang mengasah kecerdasan dan menjaga kebugaran tubuh, sudah mulai pudar sesuai dengan perkembangan lingkungan dan teknologi.
    Hmmm… musti diadakan lomba permainan tradisional yang murah meriah.

    yup setuju banget🙂

    thanks dah mampir🙂

  4. March 2, 2009 18:23

    suroboyone ngendi? pancen bener mas neng kampungku sidoarjo ya ngono arek2 yo wis beda dolanane sakliane pada seneng PS, lemahe yo wis diplester kabeh.

    asli banyu urip mas tapi saiki kos nang rungkut.

    suwun wes mampir🙂

  5. March 3, 2009 09:33

    hmm..
    jaman sayah sd di awaL 90an sayah juga maen nya ya tradisionaL..
    waLau pun sayah punya banyak maenan (tentunya beLum ada PS) tapi sayah Lebih menikmati bermain bersama teman teman, naek turun bukit, maen petak umpet, maen uber-uberan, sumput boy, maen benteng, maen dempo, maen sumput bata, kadang kadang maen Lompat taLi juga, maen banyak deh..

    kaLau meLihat anak anak sekarang, cuma Layangan aja yang masih dimaenin.. soaL nya ga bisa maen layangan di PS.. hhe

    dan tentunya ndak bisa main PS sambil main layangan🙂
    thanks kunjungannya mas🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: