Skip to content

si buruk rupa itu…

January 22, 2009

pace4berawal dari tanaman liar yang tak mengenal musim,tampilan yang menyeramkan dan beraroma yang menusuk hidung mengkudu kini sedang mengalami naik daun dan sedang ramai di bicarakan semua khalayak.

buah yang mempunyai nama latin morinda citrifolia l dan mempunyai istilah ndeso “pace”ini sedang digandrungi semua lapisan masyarakat,dari yang berduit hingga yang tak berduit pun.hal itu terjadi karena banyak penelitian dari para ahli yang menyimpulkan banyaknya manfaat si buruk rupa ini.berbagai penelitian tersebut mengatakan bahwa mengkudu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya kanker,stroke,jantung,hypertensi.

serta semakin gencarnya ajakan back to nature yang sekarang lagi booming,hingga para produsen berlomba-lomba memanfaatkan sari dari mengkudu ini untuk di produksi dalam berbagai kemasan.hal ini paling tidak bisa menumbuhkan geliat ekonomi para petani mengkudu.

sejatinya mengkudu sudah dikonsumsi oleh masyarakat sejak bertahun-tahun yang lalu,bahkan hingga saat ini masih ada juga yang memanfaatkan daunnya yang muda sebagai sayur dan lalapan,namun pengetahuan akan sumber manfaatnya diperoleh baru belakangan ini.

bagi anda yang ingin mencoba si buruk rupa ini namun risih dengan aromanya yang menyengat,saya akan berbagi tips untuk menghilangkan aroma tersebut.

sebelum di konsumsi hendaknya sari mengkudu dicampur dengan madu dan gula merah serta di biarkan selama maksimal 2 hari.hal ini agar aroma tersebut bisa di hilangkan.namun masa fermentasi tidak boleh melewati 2 hari,dikarenakan akan terjadi terbentuknya senyawa alkohol yang bisa memabukkan.

sumber photo

3 Comments leave one →
  1. meylya permalink
    January 22, 2009 09:01

    buah mengkudu memang banyak manfaatnya meskipun baunya nggak enak banget

    iya mbak meylya..tapi aku lom pernah nyoba🙂
    sampean opo uwis?

  2. February 5, 2009 12:00

    ntar coba dweh

    monggo di coba mas…hehehe
    itung2 beck tu natur 🙂

  3. September 4, 2009 10:33

    untuk menghindari rasa yg ga enak banget, paling enak tuh dibikin rujak manis sama buah-buahan yg lain. nah…itu dia baru terasa rasanya enak banget…
    coba aja dch!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: