Skip to content

kuli batu itu……

November 28, 2008

sambungan dari antara tangis dan tertawa,suka dan duka

hari2 ku kujalani dengan rutinitas bangun pagi sarapan dan siap mengayuh sepeda pancal sejauh 30 km(pulang pergi)uhh sungguh melelahkan,namun semua itu aku jalani dengan suka cita,mengingat sulit sekali mencari pekerjaan di saat itu.

oh yah aku bekerja di kuli batu ini sekitar 3 bulan sebelum lebaran thn 2003.pak sidiq(almarhum)lah yg berjasa mengangkat diriku jadi pengangguran.

si dia sempat tak percaya klo pacar yg di sayangi nya kerja sebagai kulibatu.ada kejadian yg mengharukan saat aku bekerja disini.klo gak salah waktu itu hari minggu kebetulan si doi libur kerja dan ingin mengajakku jalan2 ntah kemana,namun kebetulan juga waktu itu aku lembur untuk pekerjaan ngecor(membeton dak lantai2)yg harus di kerjakan minggu itu juga.mungkin karena kecewa atau nggak percaya si doi sempat marah2,kita adu argumen membea pendapat masing2 sampai akhirnya aku kasih dia alamat rumah yg aku kerjain dengan harapan dia bisa meyakinkan klo aku memang berkata jujur dan kurasa dia juga gak gila2 nya bela2in dateng dari kapas krampung ke daerah demak tuk memastikan ajah.

namun yg terjadi sungguh diluar dugaan.disaat aku berasyik2 bermandikan peluh tak disangka dan tak dinyana si doi dateng ketempat kerjaku,tempat yg mungkin gak pantes buat cewek secantik dan sebersih dia hehehe.teringat waktu itu aku lagi asyik mengaduk aduk campuran semen krikil dan pasir dan dengan kondisi telanjang dada karena gerah si doi menangis dan sempat memelukku.kontak semua yg  ada di situ bersorak-sorai tak terkecuali si empunya rumah.(mungkin mereka gak nyangka kali yah si kuli batu punya cewek cakep)

kejadian demi kejadian menimpa diriku di bulan ini.tak terkecuali omongan ortunya yg minta supaya anak gadisnya di nikahi.sebenernya hal itu sudah berusaha aku sanggah dengan dalih aku masih kerja kayak begini namun dengan gigih ortunya juga tak kalah ngototnya supaya cepet2 nikah walau dengan nuansa kesederhanaan.toh akhirnya aku juga nurut2 ajah dengan keputusan itu.hari pun sudah di tentukan tepat 31 juli 2004,hari yg akan membawa aku ke gerbang kehidupan baru sebagai seorang suami.tentunya dengan segala resiko dan tanggung jawabnya.

dengan susah payah juga aku mengumpulkan rupiahh demi rupiah dari hasil aku bekerja jadi kuli untuk membeli yg kata orang jawa peningset.aku beli secarik kain batik,dengan kebayanya dan serta kerudungnya yg akan dipakai disaat ijab kabul nanti.dan itu semua dari hasil keringatku sendiri..keringat seorang kuli rendahan

tak terasa pekerjaan hampir habis.dan kini malamyg sungguh indah bagi orang2 yg mendengungkan dengungkan sang maha pencipta karena besok adalah ghari kemenangan bagi orang2 yg menjalankan ibadah puasa.yah besok adalah hari idul fitri,tapi diriku masih berkutat dengan kerjaan yg harus selesai malam ini juga jam berapapun itu.di saat sedang asyik2nya mengaduk campuran pasir dan semen untuk di buat masang keramik lewatlah disampingku srombongan pemuda dan pemudi beriringan menyerukan nama ALLAH mengumandangkan takbir.hati ini tersayat olehnya kenapa aku tidak menjadi mereka yg bisa bersuka cita menyebut namaMU?kenapa aku disaat malam yg indah ini harus berjibaku dengan peluh demi rupiah.tak terasa bulir2 air mataku membasahi pipi,meronta2 hatiku seakan menjadi orang yg sangat2 tidak beruntung.oh TUHAN apakah ini cobaan buat aku,ataukah ini sebuah hukuman??

tak terasa malam itu sudah menunjukkan jam 1 malam.maka pulanglah aku dengan sepeda pancal ku menempuh jarak 30 km dengan menenteng biskuit kalen,sirup,dan sebuah kemeja pemberian yg punya rumah.oh capek sekali badan ini, lelah sekali mata ini.sayang sedang apa kau di kampungmu malam ini?apakah kau sudah tidur?atau kau malah sibuk menyiapkan segala sesuatu buat lebaran besok.sungguh kekasihmu di sini amat letih

to be continued

No comments yet

Leave a Reply

